Alhamdulillah… Kaosku Laku..!

Posted: 5 Agustus 2010 in Cerita

Sejak tanggal 10 Juli 2010 (bertepatan hari isro’ mi’roj) aku mulai merintis bisnis kaos dengan cara aku titipkan di toko sekitar komplek Masjid Agung Jawa Tengah. Hari itu adalah awal aku mencoba untuk menawarkan hasil karya desainku yang bergambar Masjid Agung Jawa Tengah. Tanpa kusangka ternyata kaos dengan karya desainku langsung di terima oleh pemilik tokonya. Alhamdulillah… aku bersyukur dalam hati, karena sekali menawarkan kaos hasil karya desainku, hari itu juga langsung di terima tanpa ada nada penolakan sedikitpun! Aku pulang dengan hati senang, karena telah terbuka satu pintu rejeki untukku. Hari itu bertepatan dengan hari peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW dan aku anggap itu adalah berkah hari isro’ mi’roj..

Aku sangat bersyukur kepada Allah SWT, karena telah membukakan satu lagi pintu rejeki untukku. Setelah berjalan selama 20 hari ternyata kaosku sudah laku 12 biji! Mulai saat itu aku yakin bisnis kaosku akan terus berkembang maju dengan pesat. Didalam hati aku terus berdo’a, semoga bisnisku dapat terus berkembang maju dengan cepat dan cita-citaku menjadi pengusaha muslim yang kuat dan sukses dapat segera terwujud atas izin Allah SWT… Akhirnya… Aku sangat bersyukur kepadaMu ya Allah… Atas semua limpahan yang Engkau berikan kepadaku…

Belajar Kreatif

Posted: 26 Juli 2010 in Sukses

Mencari penghasilan untuk menyambung hidup sehari-hari memang terasa tidak cukup apabila cuma mengandalkan gaji dari pekerjaan bagi orang-orang yang mendapatkan penghasilan pas-pasan. Bagi pekerja berpenghasilan pas-pasan seperti saya ini harus belajar dan terus belajar untuk kreatif supaya dapat menambah penghasilan di luar instansi tempat bekerja yang tidak mengganggu pekerjaan di tempat kerja. Untuk mengasah kreatifitas dapat belajar dari manapun.

Banyak sekali sumber untuk dapat mengasah kreatifitas kita, mulai dari berteman dengan orang yang lebih kreatif dari kita, dari membaca buku-buku tentang bisnis, membaca buku-buku motivasi, browsing di internet yang sangat banyak sekali informasi apapun. Dengan banyak membaca buku atau browsing internet semakin banyak wawasan kita dan semakin membuka pikiran kita. Sedikit demi sedikit semakin terbuka cara berpikir kita. Sedikit demi sedikit merubah pola berpikir kita untuk membiasakan otak kita dalam menghadapi situasi hidup dengan cara berpikir secara lebih luas dari sebelumnya.

Kita perlu niat dan tekad yang kuat untuk berubah lebih maju dari hari ini. Berawal dari niat ditambah tekad yang kuat serta sifat pantang menyerah dan tak mengenal lelah untuk terus belajar pasti akan terbuka jalan untuk merubah keadaan kita menjadi lebih baik. Ada pepatah “Sebatang besi apabila diasah terus menerus akan menjadi tajam”. Begitu juga otak kita, bila kita asah terus menerus akan semakin pintar dan semakin luas cara berpikir kita. Seiring semakin luas wawasan kita, seiring semakin luas pengetahuan kita akan semakin tajam pula intuisi kita untuk lebih jeli melihat sesuatu apapun menjadi sebuah kesempatan untuk lebih kreatif dan membuat kita lebih maju.

Kita perlu terus menerus menjaga nyala api semangat didalam dada kita agar tidak pernah padam. Kita harus menjaga setiap saat nyala api semangat didada kita tanpa ada kata menyerah walau cobaan apapun datang menerpa kita. Ada pepatah “Banyak jalan menuju Roma”. Kita pasti dapat merintis bisnis tanpa harus mengganggu pekerjaan kita di kantor untuk dapat menambah penghasilan kita, untuk meneruskan nafas hidup kita dengan cara yang kreatif dan halal. Didalam Al-Qur’an ada kalimat yang kurang lebih bermakna “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, sehingga kaum itu merubah nasibnya sendiri”. Mari kita bersemangat !!!

Aduh sakitnya…

Posted: 25 Juli 2010 in Cerita

Jum’at 23 Juli 2010 pagi berangkat kerja dengan tergesa-gesa. Udah belum sarapan pagi, tergesa-gesa lagi..  Berawal dari cuma sarapan tahu satu biji, trus aku minum obat tambah darah sangobion, fatigon spirit dan obat jerawat. Biasanya sih sesudah sarapan pagi pake nasi, semua obat itu aku minum gak apa-apa. Malah membuat badanku tambah seger. Tapi tidak ku sangka udah berangkat kerja tergesa-gesa takut kalo terlambat, eh dijalan malah kena macet selama hampir satu jam. Yang lebih menyiksaku ternyata dadaku terasa panas banget.. Aku sampai menahan sekuat tenaga sambil terjebak dalam kemacetan jalan di semarang.. Jalanan dari gombel, jatingaleh sampai kaliwiru begitu macetnya waktu itu. Seperti biasa, setiap pagi sekitar jam 8 pagi sampai jam 8:30, jalanan sepanjang gombel, jatingaleh sampai kaliwiru emang sering macet karena banyaknya orang berangkat kerja melalui jalur itu. Tapi hari itu macetnya terasa lama banget bagiku sambil menahan sakit didadaku yang terasa panas entah karena apa… Pagi itu aku merasa sangat tersiksa oleh sakitnya dadaku yang terasa panas… Setelah sampai di daerah kaliwiru baru aku tau ternyata ada truk yang mogok di jalan, yang ternyata itulah penyebab macetnya jalanan yang hampir 1 jam lamanya..

Sampai di tempat kerja, aku langsung ke warung makan tanpa memperdulikan udah saatnya untuk briefing, karena aku harus cepat-cepat sarapan nasi. Aku sudah tidak kuat lagi menahan sakitnya dadaku yang terasa panas… Kemudian aku masuk kerja dan beberapa saat aku terasa mau muntah.. Aku naek ke lantai dua dan menuju ke kamar mandi. Dan ternyata aku benar-benar muntah… Semua sarapan pagiku keluar lagi disertai dadaku terasa sangat sakit. Aku tidak kuat untuk turun dan aku memutuskan untuk tiduran di mushola untuk mencoba istirahat, berharap supaya penyakitku agak reda sambil minta tolong teman untuk mengambilkan segelas air mineral agar dapat membantu meredakan rasa sakitku…

Sambil tiduran untuk istirahat sebentar sambil sesekali minum air mineral untuk meringankan rasa sakitk didadaku yang terasa panas supaya agak dingin, aku berusaha untuk menenangkan diri, mengistirahatkan badanku. Akhirnya aku harus turun untuk bekerja di meja kerjaku sambil menahan rasa sakitku dan berharap supaya aku lekas sembuh. Sambil bekerja aku sambil mencari jawaban kenapa dadaku bisa terasa panas dan sakit. Apakah gara-gara minum obat sebelum sarapan nasi terlebih dahulu apa karean aku memang sudah harus berhenti meminum obat itu? Tapi perasaanku lebih kuat kepada alasan bahwa gara-gara minum obat sebelum makan nasi terlebih dahulu, sehinnga badanku tidak kuat dan terasa panas…

Sudah dua minggu ini aku mulai merintis bisnis kaos dengan desain yang aku buat sendiri. Meski desain buatanku belum sebagus gambar kaos-kaos distro lainnya, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba dan terus belajar supaya lebih baik. Selain untuk mencari tambahan uang juga untuk menyalurkan hobiku sendiri yang sebenarnya lebih condong ke dalam bidang seni kreaif. Hobiku yang pertama adalah membaca buku dalam bidang apapun terutama bisnis, manajemen, humaniora, motivasi, komputer, komunkasi, agama islam dan desan komunikasi visual. Karena buku adalah jendela ilmu, yang didalamnya banyak sekali wawasan yang bisa menimbulkan inspirasi untuk lebih maju dan kreatif. Hobiku yang kedua adalah di bidang seni kreatif yang lebih banyak pada bidang desain visual, meskipun gambarku jelek dan sangat biasa, tapi aku mau terus belajar untuk bisa menggambar yang lebih baik dan lebih baik lagi. Dan hobiku yang ketiga adalah jalan-jalan atau istilah kerennya “Hang-Out…”

Harapanku… Semoga bisnis kaosku ini dapat berkembang dengan sangat pesat. Dan juga cita-citaku untuk menjadi pengusaha yang sukses dan beriman kepada Allah SWT dapat segera terwujud. Sebenarnya aku juga ingin sekali menjadi penulis buku. Aku akan belajar menulis sedikit demi sedikit meski awalnya hanya menulis diary seperti tulisan ini. Tapi aku yakin, aku juga bisa menjadi seorang penulis…

Hari-hari ini badanku terasa capek kurang istirahat. Mungkin karena aku kebanyakan nge-net sampai larut malam.. Tapi aku sangat senang sekali, karena Allah SWT sudah mengabulkan keinginanku untuk bisa internetan didalam kamar sendiri tanpa harus bolak-balik ke warnet. Alhamdulillah… Aku bersyukur kepadaMu ya Allah, engkau telah memberikan aku rejeki sebuah modem baru, buat aku bisa internetan dirumah.

Ultah…

Posted: 21 Juli 2010 in Cerita

Tanpa terasa bertambah lagi umurku… Aku hanya berharap hidupku semakin baik dan mapan. Semakin bertambah hidayah dan ridho dari Allah untukku. Semakin lurus dan dekat dengan ajaran yang diturunkan Allah kepada RosulNya. Semakin bertambah dewasa, semakin matang dalam berpikir dan bertindak, semakin sabar dan jauh dari sikap tergesa-gesa dan sembrono. Semakin belimpah rejeki dari Allah, semakin mudah mencari rejeki yang halal…

Lambang Kota Semarang

Posted: 17 Juli 2010 in Semarang

Logo  Kota Semarang

ARTI dan MAKNA LAMBANG
Arti Lambang

Lambang Kota Semarang berbentuk Perisai dua bagian, Tugu Muda, Bintang sudut 5, Bambu Runcing dan Bukit Candi.
Isi lambang berjiwakan 3 prinsip :
1. Kekhususan/ ke Semarangan
.2. Tradisi revolusioner Kota Semarang
3. Kepribadian Nasional
Makna Lambang
Tugu Muda
Mencerminkan sikap patriotisme
Warga Kota Semarang saat melawan
bala tentara Jepang dalam ” Pertempuran Lima Hari ”
Bukit/ Candi.
Melambangkan bahwa selain dataran rendah , Semarang juga memiliki dataran tinggi ( kota atas )

Air dan Dinding Benteng

Melambangkan pelabuhan Semarang

Perisai.
Melambangkan Pertahanan dan Kekuatan kepribadian rakyat kota Semarang
Padi dan Kapas
Melambangkan Semarang murah sandang dan pangan terutama di masa depan
Ikan
Melambangkan Semarang sejak dahulu terkenal dengan ikannya

Sumber : http://www.semarang.go.id

Berdirinya Kota Semarang

Posted: 17 Juli 2010 in Semarang

Kota Semarang didirikan pada tahun 1594 oleh Sultan Pandanaran yang menjadikan Semarang sebagai salah satu pusat penyiaran agama Islam dan pada waktu itu menjadi bagian dari Kerajaan Demak. ImageBermula dari perginya Sultan Demak bernama Pangeran Made Pandan bersama putranya bernama Raden Pandan Arang meninggalkan Demak menuju arah sebelah Barat, disuatu tempat bernama Pulau Tirang. Beliau mendirikan Pesantren dan menyiarkan agama Islam dari waktu ke waktu daerah itu semakin subur. Disela-sela kesuburan itu muncullah pohon asam yang jarang ( bahasa Jawa : asem arang ) sehingga memberikan nama daerah itu Semarang. Adanya pusat penyiaran agama Islam menarik orang untuk juga berdatangan untuk berdagang dan bermukim di Semarang hingga daerah ini kian menjadi ramai.

Bahkan pedagang yang datang bukan hanya dan daerah-daerah sekitar Semarang namun juga dari Arab / Persia, Belanda (VOC), Cina dan Melayu. Mulailah juga berdatangan bangsa-bangsa tersebut dan membuat permukiman di kota ini. ImageDalam perkembangannya VOC juga datang dengan armada militernya dan bermaksud menguasai Semarang sebagai salah satu jajahannya. Karena pemerintahan Kota Semarang pada waktu itu belum memadai baik dalam kemampuan maupun kekuatan militer, sedangkan Belanda sudah jauh lebih matang baik dalam taktik/strategi maupun urusan menanamkan kolonialisme dimana-mana maka Semarang pun langsung menjadi bagian dari penjajahan Belanda di bawah bendera dagang VOC. Sejak itu Belanda sibuk membangun berbagai sarana baik gedung-gedung pemerintahan maupun perdagangan, sarana perhubungan, pusat-pusat perniagaan dan pertahanan militer untuk memperkuat kolonialismenya khususnya di Semarang.

Sumber : http://www.semarang.go.id

Sejarah Semarang

Posted: 17 Juli 2010 in Semarang

SEMARANG, sebagai kota raya dan lbu kota Jawa Tengah, memiliki sejarah yang panjang. Mulanya dari dataran lumpur,yang kemudian hari berkembang pesat menjadi lingkungan maju dan menampakkan diri sebagai kota yang penting. Sebagai kota besar, ia menyerap banyak pendatang. Mereka ini, kemudian mencari penghidupan dan menetap di Kota Semarang sampai akhir hayatnya. Lalu susul menyusul kehidupan generasi berikutnya. Di masa dulu, ada seorang dari kesultanan Demak bernama pangeran Made Pandan bersama putranya Raden Pandan Arang, meninggalkan Demak menuju ke daerah Barat Disuatu tempat yang kemudian bernama Pulau Tirang, membuka hutan dan mendirikan pesantren dan menyiarkan agama Islam. Dari waktu ke waktu daerah itu semakin subur, dari sela-sela kesuburan itu muncullah pohon asam yang arang (bahasa Jawa: Asem Arang), sehingga memberikan gelar atau nama daerah itu menjadi Semarang.

ImageSebagai pendiri desa, kemudian menjadi kepala daerah setempat, dengan gelar Kyai Ageng Pandan Arang I. Sepeninggalnya, pimpinan daerah dipegang oleh putranya yang bergelar Pandan Arang II. Di bawah pimpinan Pandan Arang, daerah Semarang semakin menunjukkan pertumbuhannya yang meningkat, sehingga menarik perhatian Sultan Hadiwijaya dan Pajang. Karena persyaratan peningkatan daerah dapat dipenuhi, maka diputuskan untuk menjadikan Semarang setingkat dengan Kabupaten. Akhirnya Pandan Arang oleh Sultan Pajang melalui konsultasi dengan Sunan Kalijaga, juga bertepatan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, tanggal 12 rabiul awal tahun 954 H atau bertepatan dengan tanggal 2 Mei 1547 masehi dinobatkan menjadi Bupati yang pertama. Pada tanggal itu “secara adat dan politis berdirilah kota Semarang” . Masa pemerintahan Pandan Arang II menunjukkan kemakmuran dan kesejahteraan yang dapat dinikmati penduduknya. Namun masa itu tidak dapat berlangsung lama karena sesuai dengan nasihat Sunan Kalijaga, Bupati Pandan Arang II mengundurkan diri dari hidup keduniawian yang melimpah ruah. la meninggalkan jabatannya, meniggalkan Kota Semarang bersama keluarga menuju arah Selatan melewati Salatiga dan Boyolali, akhirnya sampai ke sebuah bukit bernama jabalekat di daerah Klaten. Didaerah ini, beliau menjadi seorang penyiar agama Islam dan menyatukan daerah Jawa Tengah bagian Selatan dan bergelar Sunan Tembayat. Beliau wafat pada tahun 1553 dan dimakamkan di puncak Gunung Jabalkat. Sesudah Bupati Pandan Arang mengundurkan diri lalu diganti oleh Raden Ketib, Pangeran Kanoman atau Pandan Arang III (1553-1586), kemudian disusul pengganti berikutnya yaitu Mas R.Tumenggung Tambi (1657-1659), Mas Tumenggung Wongsorejo (1659 – 1666), Mas Tumenggung Prawiroprojo (1966-1670), Mas Tumenggung Alap-alap (1670-1674), Kyai Mertonoyo, Kyai Tumenggung. Yudonegoro atau Kyai Adipati Suromenggolo (1674 -1701), Raden Maotoyudo atau Raden Summmgrat (1743-1751), Marmowijoyo atau Sumowijoyo atau Sumonegoro atau Surohadmienggolo (1751-1773), Surohadimenggolo IV (1773-?), Adipati Surohadimenggolo V atau kanjeng Terboyo (?), Raden Tumenggung Surohadiningrat (?-1841), Putro Surohadimenggolo (1841-1855), Mas Ngabehi Reksonegoro (1855-1860), RTP Suryokusurno (1860-1887), RTP Reksodirjo (1887-1891), RMTA Purbaningrat (1891-?), Raden Cokrodipuro (?-1927), RM Soebiyono (1897-1927), RM Amin Suyitno (1927-1942), RMAA Sukarman Mertohadinegoro (1942-1945), R. Soediyono Taruna Kusumo (1945-1945), hanya berlangsung satu bulan, M. Soemardjito Priyohadisubroto (tahun 1946, 1949 – 1952 yaitu masa Pemerintahan Republik Indonesia) pada waktu Pemerintahan RIS yaitu pemerintahann federal diangkat Bupati RM.Condronegoro hingga tahun 1949. Sesudah pengakuan kedaulatan dari Belanda, jabatan Bupati diserah terimakan kepada M. Sumardjito. Penggantinya adalah R. Oetoyo Koesoemo (1952-1956). Kedudukannya sebagai Bupati Semarang bukan lagi mengurusi kota melainkan mengurusi kawasan luar kota Semarang. Hal ini terjadi sebagai akibat perkembangnya Semarang sebagai Kota Praja.

Pada tahun 1906 dengan Stanblat Nomor 120 tahun 1906 dibentuklah Pemerintah Gemeente. Pemerintah kota besar ini dikepalai oleh seorang Burgemeester (Walikota). Sistem Pemerintahan ini dipegang oleh orang-orang Belanda berakhir pada tahun 1942 dengan datangya pemerintahan pendudukan Jepang. Pada masa Jepang terbentuklah pemerintah daerah Semarang yang di kepalai Militer (Shico) dari Jepang. Didampingi oleh dua orang wakil (Fuku Shico) yang masing-masing dari Jepang dan seorang bangsa Indonesia. Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945, pemerintahan daerah Kota Semarang belum dapat menjalankan tugasnya karena pendudukan Belanda. Tahun 1946 lnggris atas nama Sekutu menyerahkan kota Semarang kepada pihak Belanda.Ini terjadi pada tangga l6 Mei 1946. Tanggal 3 Juni 1946 dengan tipu muslihatnya, pihak Belanda menaiigkap Mr. Imam Sudjahri, walikota Semarang sebelum proklamasi kemerdekaan. Tidak lama sesudah kemerdekaan, yaitu tanggal 15 sampai 20 Oktober 1945 terjadilah peristiwa kepahlawanan pemuda-pemuda Semarang yang bertempur melawan balatentara Jepang yang bersikeras tidak bersedia menyerahkan diri kepada Pasukan Republik. Perjuangan ini dikenal dengan nama Pertempuran Lima Hari. Selama masa pendudukan Belanda tidak ada pemerintahan daerah kota Semarang. Narnun para pejuang di bidang pemerintahan tetap menjalankan pemerintahan di daerah pedalaman atau daerah pengungsian diluar kota sampai dengan bulan Desember 1948. daerah pengungsian berpindah-pindah mulai dari kota Purwodadi, Gubug, Kedungjati, Salatiga, dan akhirnya di Yogyakarta. Pimpinan pemerintahan berturut-turut dipegang oleh R Patah, R.Prawotosudibyo dan Mr Ichsan. Pemerintahan pendudukan Belanda yang dikenal dengan Recomba berusaha membentuk kembali pemerintahan Gemeente seperti dimasa kolonial dulu di bawah pimpinan R Slamet Tirtosubroto. Hal itu tidak berhasil, karena dalam masa pemulihan kedaulatan harus menyerahkan kepada Komandan KMKB Semarang pada bulan Februari 1950. tanggal I April 1950 Mayor Suhardi, Komandan KMKB. menyerahkan kepemimpinan pemerintah daerah Semarang kepada Mr Koesoedibyono, seorang pegawai tinggi Kementrian Dalam Negeri di Yogyakarta. Beliau menyusun kembali aparat pemerintahan guna memperlancar jalannya pemerintahan. Sejak tahun 1945 para walikota yang memimpin kota besar Semarang yang kemudian menjadi Kota Praja dan akhirnya menjadi Kota Semarang adalah sebagai berikut :

1. Mr. Moch.lchsan

2. Mr. Koesoebiyono (1949 – 1 Juli 1951)

3. RM. Hadisoebeno Sosrowardoyo ( 1 Juli 1951 – 1 Januari 1958)

4. Mr. Abdulmadjid Djojoadiningrat ( 7Januari 1958 – 1 Januari 1960)

5. RM Soebagyono Tjondrokoesoemo ( 1 Januari 1961 – 26 April 1964)

6. Mr. Wuryanto ( 25 April 1964 – 1 September 1966)

7. Letkol. Soeparno ( 1 September 1966 – 6 Maret 1967)

8. Letkol. R.Warsito Soegiarto ( 6 Maret 1967 – 2 Januari 1973)

9. Kolonel Hadijanto ( 2Januari 1973 – 15 Januari 1980)

10. Kol. H. Imam Soeparto Tjakrajoeda SH ( 15 Januari 1980 – 19 Januari 1990)

11. Kolonel H.Soetrisno Suharto ( 19Januari 1990 – 19 Januari 2000)

12. H. Sukawi Sutarip SH. ( 19 Januari 2000 – sekarang )

Pertumbuhan Fisik

Secara garis besar pertumbuhan Kota Semarang telah mengalami berubahan – perubahan fisik dari tahun ketahun antara :

· Periode sebelum Dataran Alluvial terbentuk

· Periode Tahun 900 s/d 1500

· Periode Tahun 1500 s/d 1700

· Periode Tahun 1700 s/d 1906

· Periode Tahun 1906 s/d 1942

· Periode Tahun 1942 s/d 1976

Sumber : http://www.semarang.go.id

Semarang…

Posted: 17 Juli 2010 in Semarang

ImageSEMARANG, sebagai kota raya dan lbu kota Jawa Tengah, memiliki sejarah yang panjang. Mulanya dari dataran lumpur,yang kemudian hari berkembang pesat menjadi lingkungan maju dan menampakkan diri sebagai kota yang penting. Sebagai kota besar, ia menyerap banyak pendatang. Mereka ini, kemudian mencari penghidupan dan menetap di Kota Semarang sampai akhir hayatnya. Lalu susul menyusul kehidupan generasi berikutnya. Di masa dulu, ada seorang dari kesultanan Demak bernama pangeran Made Pandan bersama putranya Raden Pandan Arang, meninggalkan Demak menuju ke daerah Barat Disuatu tempat yang kemudian bernama Pulau Tirang, membuka hutan dan mendirikan pesantren dan menyiarkan agama Islam. Dari waktu ke waktu daerah itu semakin subur, dari sela-sela kesuburan itu muncullah pohon asam yang arang (bahasa Jawa: Asem Arang), sehingga memberikan gelar atau nama daerah itu menjadi Semarang.

10 Resep Sukses Bangsa Jepang

Posted: 3 Januari 2010 in Sukses

by Romi Satria Wahono

Setelah Hiroshima dan Nagasaki luluh lantak terkena bom atom sekutu (Amerika), Jepang pelan tapi pasti berhasil bangkit. Mau tidak mau harus diakui saat ini Jepang bersama China dan Korea Selatan sudah menjelma menjadi macan Asia dalam bidang teknologi dan ekonomi. Alhamdulillah saya mendapat kesempatan 10 tahun tinggal di Jepang untuk menempuh studi saya. Kali ini, saya mencoba merumuskan 10 resep yang membuat bangsa Jepang bisa sukses seperti sekarang. Tentu rumusan ini di beberapa sisi agak subyektif, hanya dari pengalaman hidup, studi, bisnis dan bergaul dengan orang Jepang di sekitar perfecture Saitama, Tokyo, Chiba, Yokohama. Intinya kita mencoba belajar sisi Jepang yang baik yang bisa diambil untuk membangun republik ini.

1. KERJA KERAS

Sebagian besar literatur menyebutkan bahwa dengan kerja keras inilah sebenarnya kebangkitan dan kemakmuran Jepang bisa tercapai.

2. MALU

Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri menjadi ritual sejak era samurai ketika mereka kalah dalam pertempuran. Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pejabat (menteri, politikus, dsb) yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya.

3. HIDUP HEMAT

Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan. Professor Jepang juga terbiasa naik sepeda tua ke kampus, bareng dengan mahasiswa-mahasiswanya.

4. LOYALITAS

Kota Hofu mungkin sebuah contoh nyata. Hofu dulunya adalah kota industri yang sangat tertinggal dengan penduduk yang terlalu padat. Loyalitas penduduk untuk tetap bertahan (tidak pergi ke luar kota) dan punya komitmen bersama untuk bekerja keras siang dan malam akhirnya mengubah Hofu menjadi kota makmur dan modern.

5. INOVASI

Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat.

6. PANTANG MENYERAH

Sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting dan pantang menyerah. Ilmu dan teori dimana orang harus belajar dari kegagalan ini mulai diformulasikan di Jepang dengan nama shippaigaku (ilmu kegagalan).

7. BUDAYA BACA

Jangan kaget kalau anda datang ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagian besar penumpangnya baik anak-anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran.

8. KERJASAMA KELOMPOK

Ada anekdot bahwa “1 orang professor Jepang akan kalah dengan satu orang professor Amerika, hanya 10 orang professor Amerika tidak akan bisa mengalahkan 10 orang professor Jepang yang berkelompok”. Musyawarah mufakat atau sering disebut dengan “rin-gi” adalah ritual dalam kelompok. Keputusan strategis harus dibicarakan dalam “rin-gi”.

9. MANDIRI

Sejak usia dini anak-anak dilatih untuk mandiri. Di Yochien (TK) setiap anak dilatih untuk membawa perlengkapan sendiri, dan bertanggung jawab terhadap barang miliknya.

10. JAGA TRADISI

Sejak usia dini anak-anak dilatih untuk mandiri. Di Yochien (TK) setiap anak dilatih untuk membawa perlengkapan sendiri, dan bertanggung jawab terhadap barang miliknya.

Mungkin seperti itu 10 resep sukses yang bisa saya rangkumkan. Bangsa Indonesia punya hampir semua resep orang Jepang diatas, hanya mungkin kita belum mengasahnya dengan baik. Di Jepang mahasiswa Indonesia termasuk yang unggul dan bahkan mengalahkan mahasiswa Jepang. Orang Indonesia juga memenangkan berbagai award berlevel internasional. Saya yakin ada faktor “non-teknis” yang membuat Indonesia agak terpuruk dalam teknologi dan ekonomi. Mari kita bersama mencari solusi untuk berbagai permasalahan republik ini. Dan terakhir kita harus tetap mau belajar dan menerima kebaikan dari siapapun juga.

Tetap dalam perdjoeangan !

sumber : http://romisatriawahono.net